PEMILU 2019 Untuk PINUS

Pemilu 2019 akan diadakan kurang dari dua minggu lagi. Sebagai pemilih pemula, pasti ada banyak pertanyaan yang muncul di benak, berkaitan dengan pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan kita ini. Apa pentingnya Pemilu? Mengapa saya harus memilih? Bagaimana cara saya berpartisipasi dalam Pemilu kali ini? Berikut adalah penjelasan singkat.

Kapan Pemilu 2019 diadakan?
Pemilu 2019 di Singapura akan diadakan pada tanggal 14 April 2019. Ya, tanggal ini memang beberapa hari lebih awal dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Pemilu di Indonesia (17 April) jatuh pada hari kerja. Untuk mengakomodir masyarakat Indonesia di Singapura yang kebanyakan bekerja atau bersekolah pada tanggal 17, pemungutan suara dilakukan pada Hari Minggu, 14 April 2019. Penghitungan suara tetap dilakukan pada tanggal 17 April 2019, setelah pemungutan suara selesai dilakukan di Indonesia.

Siapa saja yang boleh berhak memilih pada Pemilu 2019? Siapa saja yang akan saya pilih di Pemilu kali ini?

Seluruh Warga Negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun, atau sudah/ pernah menikah berhak untuk memilih. Sebagai pemilih yang berdomisili di luar negeri, pemilih berhak atas dua surat suara: surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden dan surat suara untuk memilih anggota DPR. Sebagai informasi, anggota- anggota DPR yang akan dipilih oleh pemilih di Singapura mewakili Daerah Pemilihan Jakarta II. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nama-nama calon presiden dan wakil presiden, serta anggota DPR yang dapat dipilih, silakan akses: http://pplnsingapura.org/dct.html

[Ini hanya berlaku untuk pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) dan yang terkategori sebagai bagian dari Daftar Pemilih Khusus (pemilih yang tercatat di daerah pemilihan lain tetapi menggunakan hak pilihnya di Singapura). Sementara itu, pemilih yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (terdaftar di daerah pemilihan lain selain Singapura dan bukan terdaftar di daerah pemilihan Jakarta II) hanya berhak untuk satu surat suara, yaitu untuk memilih presiden dan wakil presiden.]

Mengapa saya harus ikut memilih di Pemilu kali ini?
Secara umum, pemilihan umum adalah kesempatan langka bagi setiap WNI untuk ikut menentukan masa depan bangsa, setidaknya untuk 5 tahun ke depan. Dengan kata lain, Pemilu adalah satu kesempatan di mana bentuk ekspresi masyarakat biasa (yang bukan bagian dari birokrasi dan pemerintahan) dipertimbangkan secara serius dan dilindungi secara hokum, untuk menentukan arah perkembangan bangsa. Di luar platform Pemilu, masyarakat bisa tetap mengekpresikan pendapat: lewat tulisan, unjuk rasa, dll. Namun, jarang sekali bentu-bentuk unjuk pendapat yang informal ini dapat secara konkret di

Tapi kan, suara saya tidak akan berpengaruh banyak dibandingkan dengan suara ratusan juta masyarakat Indonesia yang lain?
Betul, surat suara satu pemilih secara individual memang tidak berarti banyak. Namun, bayangkan apabila setiap orang melontarkan argumen yang sama, tidak akan ada “ratusan juta” suara terkumpul. Oleh itu, tiap surat suara yang masuk dalam kotak suara tetap memiliki makna yang penting secara kolektif. ☺

Bagaimana cara sistem penghitungan suara mengagregasikan suara para pemilh?
Untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), pemenang ditentukan dari pasangan calon yang memmperoleh lebih dari 50% dari jumlah suara sah dan memperoleh paling sedikit 20% suara di tiap provinsi. Perolehan suara sah ini juga harus terjadi di lebih dari 50% jumlah provinsi di Indonesia.
Untuk pemilihan anggota DPR, suara yang diperoleh oleh partai dan akan dikonversikan ke kursi DPR menggunakan metode Sainte-Lague. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai sistem tabulasi suara, silakan akses tautan berikut: https://tirto.id/mengenal-metode-sainte-lague-untuk-penghitungan-suara-di-pileg-2019-cSN1.

Bagaimana cara mencoblos yang benar?

coblos.PNG



Apabila masih bingung, jangan khawatir, di hari pemungutan suara, petugas TPS dapat memberikan pengarahan.

Apa yang perlu saya bawa untuk ikut nyoblos di KBRI Singapura pada tanggal 14 April?

Bagi yang sudah terdaftar, silakan bawa paspor dan surat undangan. Surat undangan dikirimkan ke alamat tiap pemilih dan dapat juga diunduh dari: https://register.pplnsingapura.org/register1.aspx. Bagi yang belum terdaftar, silakan bawa paspor dan form A5 (jika ada). Form A5 adalah surat yang menyatakan perpindahan domisili, dan diperoleh dari tenpat pemilih terdaftar (TPS/ kelurahan asal pemilih) hanya untuk kepentingan Pemilu.
Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI Singapura akan buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore.

Apa saja informasi lain yang perlu diketahui menjelang Pemilu yang akan datang?
Untuk informasi lebih lanjut tentang riwayat hidup calon anggota DPR, pemilih dapat mengakses: infopemilu.kpu.go.id yang dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum. Di luar itu, ada beberapa laman lain seperti: calegpedia.id, pintarmemilih.id danrekamjejak.net.
Untuk informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019 di Singapura, silakan layari laman Panitia Pemilihan Luar Negeri Singapura (PPLN Singapura): pplnsingapura.org. PPLN juga dapat dihubungi melalui surel (informasi@pplnsingapura) dan WhatsApp (96506779). Harap beri tim kami waktu satu sampai dengan dua hari kerja untuk membalas pertanyaan yang dikirimkan. Untuk pertanyaan yang lebih mendesak, silakan hubungi kantor kami di: 62350673 / 62350663 (selama jam kerja).

Sampai jumpa di KBRI Singapura pada tanggal 14 April 2019 yang akan datang! Ayo, gunakan hak pilihmu!

Asa, mewakili PPLN Singapura